Wednesday, March 13, 2013

Kaya dengan Bisnis Tour dan Travel

Judul Buku     : Jadi Miliarder dengan Bisnis Tour & Travel plus Umrah
                         dan Wisata-wisata Lainnya.
Penulis            : Heru Setyaka
Penerbit          : FlashBooks (Diva Press), Yogyakarta.
Tahun              : I,  Januari  2013.
Tebal               : 206 halaman.
ISBN               : 978-602-7641-80-8
            Industri pariwisata nasional saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang sangat luar biasa. Touring dan Traveling bukan hanya sekedar menghilangankan kejenuhan, namun sudah menjadi kebutuhan pokok manusia perkotaan. Lihat saja, pada saat liburan datang, tempat-tempat wisata sangat ramai dikunjungi para wisatawan. Setiap tahun selalu mengalami peningkatan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan, sampai terjadi kemacetan yang panjang saat menuju tempat wisata tersebut.
            Kondisi ini di dukung sarana transportasi dan akomodasi yang semakin bagus dan terjangkau. Bahkan, banyak budget airline yang menawarkan berbagai paket penerbangan destinasi wisata dengan harga yang murah. Tidak hanya untuk tujuan dalam negeri saja, bahkan hingga mancanegara.
            Fenomena ini tentu merupakan sebuah peluang bisnis bagi yang jeli melihatnya. Yaitu dengan membuka bisnis tour dan travel. Usaha  jasa tour dan travel ini tidak pernah sepi,  setiap tahun selalu dipenuhi konsumen. Dengan adanya bantuan penyelenggara tour dan travel, semua kendala yang ditakutkan wisatawan seperti kendala bahasa, takut tersesat, tidak tahu akan menginap dimana, dan masalah lainnya menjadi sirna. (hal. 12).
            Bisnis tour dan travel sangat menguntungkan dan mengasyikkan, karena tidak memerlukan modal yang begitu besar. Lantas bagaimana membangun bisnis ini? Heru Setyaka dalam buku ini telah menyusun bagaimana cara memulai bisnis tour dan travel secara rinci. Buku ini bisa menjadi panduan lengkap buat Anda untuk membuka usaha jasa tour dan travel.
            Buku ini akan memberikan banyak jawaban tentang bisnis tour dan travel, bagi Anda yang benar-benar serius ingin menggeluti bisnis yang satu ini. Pada bab kedua buku ini, penulis  mengulas dan mengenalkan tentang bisnis tour dan travel, sehingga Anda akan paham betul seluk beluk bisnis ini. Pembahasan dimulai dari alasan memilih bisnis tour dan travel, fakta mengejutkan yang mendukung bisnis tour dan travel, siapa saja yang bisa  menjalankan bisnis ini, resiko yang dihadapi, sampai pengenalan pihak-pihak yang terkait dengan bisnis tour dan travel ini. (hal. 15-58).
            Pada bab selanjutnya, penulis mengulas strategi bisnis tour dan travel yang bisa menjadi acuan pengembangan bisnis ini. Strategi bisnis harus tertuang mulai dari perencanaan, penerapan dalam praktik nyata, manajemen, hingga evaluasi dan proses kontrol. Dan, bagaimana perusahaan merealisasikan rencana kerja yang sudah di susun? Semua akan dijelaskan secara rinci pada bagian ini. (hal. 59-86).
            Pada bagian lain dalam buku ini, penulis juga mengulas bagaimana mengelola paket-paket wisata, dari pengelolaan paket umrah dan haji, pengelolaan penjualan tiket, cara mudah membuka usaha ini, serta dilengkapi cara menghitung biaya dan simulasi dari masing-masing paket.
            Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan cara-cara menjalin kemitraan, keagenan, dan sistem waralaba dari pihak tour dan travel yang telah berkembang. Sistem kemitraan dan waralaba sangat penting bagi yang merasa takut untuk terjun mandiri di dunia bisnis tanpa harus mengalami kerugian.
            Kebanyakan, bagi yang baru memulai bisnis ini banyak sekali menghadapi kendala teknis. Misalnya, koneksi dengan jaringan airline ataupun hotel, pengalaman dalam dunia tourisme yang kurang, pengetahuan daerah wisata, serta sumber daya yang terbatas. Masalah tersebut bisa diatasi dengan menjalin kemitraan dengan perusahaan tour dan travel yang sudah mapan dan berkembang. (hal. 195).
            Buku ini diulas secara praktis dan lengkap dengan bahasa yang ringan. Sehingga sangat mudah bagi Anda untuk memahaminya dan mengetahui seluk-beluk bisnis tour dan travel. Membaca buku ini membuat Anda akan mengerti bahwa bisnis tour dan travel  ini merupakan lahan basah yang dapat mendatangkan keuntungan yang berlimpah dan membuat Anda bisa menjadi kaya. *
*Di muat di Harian Bhirawa, 28 Feb 2013

Kaya dengan Bisnis Tour dan Travel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Saleh Khana

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.