Tuesday, November 10, 2015

Tips Kirim Resensi Ke Harian Kedaulatan Rakyat



          Harian Kedaulatan Rakyat adalah salah satu media yang juga memberikan ruang bagi para peresensi  buku untuk menerbitkan karyanya di Koran ini. Rubrik resensi di media ini ada di halaman 23 , dan hanya ada hari minggu. Setiap minggunya ada 2-3 resensi yang dimuat.
         Setiap karya yang dimuat, Koran ini juga memberikan apresiasi berupa honor sekitar Rp. 75.000,- (lumayankan? Dari pada tidak sama sekali). Nah…untuk rekan-rekan yang ingin juga mengirim resensinya ke media ini, Simak persyaratan di bawah ini.
1.    Buku harus cetakan pertama di tahun itu. Contohnya, sekarang tahun 2015, berarti buku yang diresensi juga terbitan tahun 2015, dan harus cetakan pertama bukan cetakkan ulang.
2.    Harus melampirkan halaman sejarah buku, cover buku, dan kartu identitas. Bagi yang masih belum tahu apa itu halaman sejarah buku, nanti di akhir post saya kasih fotonya.

               
Kalau untuk Tipsnya ya kayak kebanyakan kirim ke Koran lain juga
1.    Pertama-tama pelajari dulu karakter resensi di media ini dengan membaca resensi yang sudah dimuat di epapernya.
2.    Cari buku yang kira-kira sesuai di kirim ke Koran ini.
3.    Cukup tulis resensi kurang lebih sekitar 2500- karakter dengan spasi.
4.    Sebelum kirim naskahnya, jangan lupa lampirkan data diri lengkap( no rek jangan sampai ketinggalan), scan ktp.
5.    Lalu kirim ke email ini. resensikrm@yahoo.com

Nah…di Koran ini seleksinya sekitar 2-3 mingguan, jadi kalau tak dimuat di hari minggu ini, masih ada harapan bakal dimuat minggu depannya. Jadi tetap semangat dan berdoa. Kalau belum dimuat, kirim lagi resensi lainnya.  Ini contoh resensi saya harian Kedaulatan Rakyat. Klik disini…

Dan ini contoh halaman sejarah buku.

Tips Kirim Resensi Ke Harian Kedaulatan Rakyat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Saleh Khana

5 komentar:

  1. Terima kasih, tulisan ini sangat bermanfaat sekali untuk saya karena saya baru saja mendapatkan e-mail dari Kedaulatan Rakyat kalau mereka suka dengan resensi saya tapi meminta untuk dilengkapi dulu persyaratannya karena saya tidak menyertakan sejarah bukunya. Sekali lagi matur nuwun mas...^^

    ReplyDelete
  2. terima kasih untuk sharingnya...saya sdh kirim resensi dan beberapa dimuat di kedaulatan rakyat. Tadi diinfokan ada honor 75rb yaa...tapi saya belum pernah mendapatkan. Bagaimana cara untuk menerima honor tersebut? dalam email, saya sudah menyertakan no rekening. Mohon infonya..

    ReplyDelete
  3. Datang aja ke kantornya kalo deket dan bawa bukti terbit. kalo jauh bisa di tagih lewat email

    ReplyDelete
  4. terima kasih mas, sangat bermanfaat. semoga tulisan saya terbit

    ReplyDelete

Powered by Blogger.