Monday, November 2, 2015

Tips Kirim Resensi Ke Koran Jakarta



Koran Jakarta adalah salah media favorit bagi saya dan  kebanyakkan resensor lainnya. Kenapa? Karena media yang satu ini tetap konsisten memuat resensi setiap hari (kecuali minggu) dan memberikan honor yang lumayan besar, sekitar 280 ribuan setelah di potong pajak.
           Pertama kali saya mengirim resensi ke Koran Jakarta sekitar tahun 2013. Baru pertama kirim kesana dan langsung dimuat (banyak teman yang mengalaminya juga). Tentu itu adalah hal yang sangat menggembirakan bagi saya  karena media ini sangat terbuka dengan penulis-penulis baru.
         Selama 2015 ini, sudah ada 3 naskah saya yang nonggol lagi di Koran Jakarta. Honornya pun lumayan lancar, 2 pekan-4 pekan setelah dimuat rekening saya menjadi (agak) gendut). Hehe…
         Lalu bagaimana tips kirimnya? Ah…sebenarnya sudah banyak yang post kirim resensi ke media ini, tapi saya tak mau ketinggalan berbagi pengalaman. Iya, kan?
1.    Pertama-tama pelajari dulu karakter resensi di media ini dengan membaca resensi yang sudah dimuat di webnya.
2.    Cari buku yang kira-kira sesuai di kirim ke Koran ini.
3.    Tulis resensi sekitar 4000-an karakter lebih dengan spasi.
4.    Sebelum kirim naskahnya, jangan lupa lampirkan data diri lengkap( no rek jangan sampai ketinggalan), scan ktp, dan foto ganteng maksimal. Hehe..
5.    Lalu kirim ke email ini. opinikoranjakarta@gmail.com dan opinikoranjakarta@yahoo.co.id

Nah…gampangkan? Tinggal tunggu saja nasib naskah kita. Jika beruntung, menurut pengalaman saya, naskah akan dimuat tak sampai seminggu setelah kirim. Tapi…ada juga satu naskah saya yang dimuat pada hari ke-16 setelah kirim. Karena memang masa tunggu maksimal naskah adalah dua pekan.
Ada satu lagi yang penting! Jangan sekali-kali kirim satu naskah yang sama ke Koran ini dan Koran lain dalam waktu bersamaan. Kenapa? Jika dimuat bersamaan jadi berabe urusannya, bila ketahuan (ada yang lapor redaksi) maka dirimu akan di BLAKCLIST, dan honor yang diharapkan tidak akan pernah cair. Hiks…
Ini ada satu contoh naskah saya yang dimuat Koran Jakarta. Klik disini.
Oke…semoga bermanfaat dan selamat mengirim naskahnya.

Tips Kirim Resensi Ke Koran Jakarta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Saleh Khana

2 komentar:

Powered by Blogger.