Saturday, January 30, 2016

PANDUAN MENULIS KHUSUS UNTUK ANAK

Rahasia Sebuah Cerita
Cover Buku Rahasia Sebuah Cerita
 Resensi ini tayang di Radar Sampit, 21 Juni 2015
 
Judul Buku     : Rahasia Sebuah Cerita
Penulis            : Veronica W.
Penerbit          : Kanisius, Yogyakarta.
Tahun              : I, 2015.
Tebal               : 94 halaman.
ISBN               : 978-979-21-4162-7

    Banyak buku panduan dan teori menulis yang sudah beredar di toko-toko buku. Namun, belum ada yang khusus di tunjukkan buat anak-anak. Buku Rahasia Sebuah Cerita ini adalah buku panduan menulis yang dibuat untuk anak-anak.
    Lewat buku ini penulis ingin mengajak anak-anak yang mempunyai minat untuk menjadi seorang penulis cilik untuk mengungkap rahasia penulisan sebuah cerita. Gaya bahasa yang disajikan mudah dipahami anak sehingga akan memudahkan belajar dalam merangkai kata.
    Secara umum buku ini terbagi dalam lima bagian, yaitu Mengapa Menulis?, Ada Apa dalam Ceritamu?, Yuk, Mulai Menulis!, Memperindah Cerita, dan Sebarkan Ceritamu. Kelima hal tersebut adalah poin penting yang harus di pahami oleh anak.
    Belajar menulis itu sama pentingnya dengan belajar matematika. Dengan menulis, anak-anak bisa menuangkan ide ke dalam tulisan. Kalau sering menulis, otak jadi terbiasa berpikir. Kalau sudah terbiasa menulis, pelajaran mengarang di sekolah tidak akan menjadi masalah lagi. (halaman 7).
    Saat belajar menulis, anak bisa memulainya dengan tulisan-tulisan sederhana, misalnya catatan perjalanan, cerita tentang keluarga, atau pengalaman baru yang di temui. Anak bisa menuliskan ceritanyanya di buku harian ataupun diari. Menuliskan  pengalaman yang menarik ataupun lucu bisa membuat anak bersemangat dalam merangkai kalimat.
    Menulis itu perlu latihan rutin sebagaimana olahraga. Usahakan agar anak bisa menulis setiap hari, supaya tulisannya semakin bagus, dan prosesnya pun semakin lancar. Tidak perlu banyak-banyak, cukup satu atau dua paragraf. Awalnya memang agak susah, namun lama-lama pasti akan terasa mudah. (halaman 10).
    Hal penting yang harus di tentukan sebelum menulis adalah tema. Tema merupakan inti cerita yang akan di tulis. Misalnya tulisan bertema persahabatan, kepahlawanan, ataupun cerita dengan tema lingkungan hidup. Kalau sudah mendapatkan tema, tinggal mencari ide cerita yang menarik.
    Mencari ide memang gampang-gampang susah. Kadang, ide datang saat tidak dicari. Kalau sedang di butuhkan, ide malah seperti bersembunyi entah kemana sehingga membuat kepala terasa pusing memikirkannya. Menyediakan buku kecil adalah salah satu cara untuk megikat ide yang tiba-tiba muncul.
    Pada bagian “Yuk, Mulai Menulis!” anak akan di pandu bagaimana membuat judul yang menarik yang membuat pembaca penasaran. Judulnya bisa lucu, rahasia dan misterius, ataupun berima. Selanjutnya anak dipandu membuat kalimat pembuka yang menarik, mencari komflik dan klimaks, dan bagaimana menutup sebuah cerita yang bagus. (halaman 25-40).
    Di bagian “Memperindah Cerita” di jelaskan bagaimana menjadikan tulisan lebih bagus yaitu dengan banyak membaca karya orang lain sehingga mempunyai banyak kosa kata baru, mengeditnya, dan juga merapikan tulisan yang banyak salah ketik serta merubah kalimat-kalimat yang terasa janggal.
    Bagian terakhir “Sebarkan Ceritamu” anak akan di pandu bagaimana cara mempublikaskan ceritanya. Bisa lewat buku harian, blog, kirim ke majalah atau koran, ataupun dibukukan dengan di kirim ke penerbit. Sehingga cerita yang dibuat tidak menumpuk sia-sia dalam file komputer. (halaman 51-59).
Dengan melahap isi buku yang tidak terlalu tebal ini anak-anak akan paham dan tahu tips menemukan ide cerita, tips mencari nama tokoh, tips membuat konflik, tips membuat judul yang menarik, hingga tips membuat twist yang menjadikan cerita kita luar biasa.
Panduan menulis dalam buku ini memang di khususkan buat anak-anak, jadi gaya bahasanya ringan, ringkas, padat, dan jelas. Sehingga anak akan mudah memahaminya. Menariknya, buku ini dilengkapi permainan menarik bagaimana meningkatkan keterampilan dalam menulis. Ada juga bonus cerita-cerita seru di akhir buku ini. Walaupun buku ini di tunjukkan buat anak-anak, tetapi buku ini juga bisa dibaca oleh semua usia.   Selamat membaca.

Diresensi oleh: Muhammad Saleh*
*Alumnus STAI Al-Washliyah Barabai, Kalimantan Selatan.

PANDUAN MENULIS KHUSUS UNTUK ANAK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Saleh Khana

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.