Tuesday, April 12, 2016

SOLUSI MENGHADAPI PERMASALAH RUMAH TANGGA




Dimuat di Jateng Pos, 03 April 2016
 
Judul Buku     : Manajemen Permasalahan Rumah Tangga
Penulis            : Sekar Ayuningtyas
Penerbit          : Laksana
Tahun              : I, Januari 2016
Tebal               : 180 halaman.
ISBN               : 978-602-391-023-6


    Dalam kehidupan berumah tangga, setiap pasangan tentu ingin kehidupannya selalu dalam keadaan bahagia dan sejahtera. Namun tak jarang, berbagai permasalahan sering datang melanda untuk menguji keteguhan rumah tangga tersebut. Jika gagal menghadapinya, akibat terburuknya adalah retaknya hubungan yang mengakibatkan sebuah perceraian.
    Segala urusan berkaitan masalah rumah tangga memang tidak ada habis-habisnya. Sebab, itu tentang seluruh sisa hidup , juga masa depan dan masa lalu. Kita dapat melihat masa depan dari anak-anak kita. Bersama pasangan, kita juga akan menjadi masa lalu bagi mereka. Maka dari itu, kita harus berusaha memberikan yang terbaik bagi masa depan mereka.
    Melalui buku Manajemen Permasalahan Rumah Tangga, kita dapat belajar bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan dalam rumah tangga agar tidak terjadi hal-hal yang tak di inginkan oleh setiap pasangan, yaitu kehancuran bahtera rumah tangga. Permasalahan-permasalahan yang di kupas oleh penulis sangat variatif, mulai dari urusan suami, anak, sampai keuangan keluarga.
    Keluarga harmonis merupakan wujud rumah tangga yang baik. Suami yang menjadi kepala keluarga harus mampu menopang hidup keluarganya, memberikan tempat tinggal yang layak, makanan, dan pakaian yang baik bagi seluruh anggota keluarga. Demikian pula, istri yang memiliki peran tidak kalah penting. Dia harus bisa mendidik anak-anaknya dan mengurusi segala keperluan rumah tangga.
    Akan tetapi, adakalanya situasi krisis melanda. Suami mengalami hambatan dalam pekerjaannya dan situasi ekonomi melemah. Jika mengalami masalah seperti itu diperlukan pemahaman dari kedua belah pihak. Hal yang paling penting, adalah mampu bertahan dan keluar dari permasalahan tersebut, sehingga hak anak-anak tetap terpenuhi haknya dan hubungan suami istri tetap berjalan dengan baik. (halaman 8).
    Solusi untuk menghadapi masalah seperti itu adalah istri selalu membesarkan hati suaminya dengan memuji kelebihan dan mencoba membuka jalan untuk suami untuk melihat peluang usaha yang bisa dilakukan. Beri suami motivasi dengan cinta yang tulus, sehingga suami merasa dia tidak berjuang seorang diri.
    Permasalahan lain yang bisa juga terjadi dalam kehidupan rumah tangga adalah ketika suami mulai terganggu dengan dandanan sang istri. Masalah tersebut memang terkesan remeh, tapi bisa berakibat besar jika sang suami salah bicara dalam menegur istri. Jika mengkritik dandanan istri, maka suami telah melukai perasaannya. Terlebih istri sudah berdandan secantik-cantiknya bagi suami namun malah tak dihargai.
    Cara yang bisa di ambil oleh suami agar tak melukai perasaaan istri adalah  jangan mengkritik, tapi berusaha memperbaikinya. Akan jauh lebih baik, jika suami mengatakan sang istri sangat cantik. Kecantikkan yang alami anugerah dari Tuhan dan bilang kalau kita lebih menyukai kecantikkan yang asli, tanpa harus repot-repot membubuhi bedak di wajahnya atau memakai lipstick tebal. katakan juga, kita lebih menyukai melihatnya alami dengan bedak tipis. Meminta kepada istri untuk tampil dengan selera kita merupakan bahasa yang paling sopan. (halaman 50).
    Bagi seorang istri, yang repot dan jadi masalah adalah ketika memiliki suami yang pencemburu. Pergi kemana-mana selalu dikuti, hingga istri merasa terkekang dan tidak bisa lagi melakukan aktivitas di luar rumah. Untuk menghadapi suami yang pencemburu, di perlukan trik yang halus diantaranya adalah: jangan menyembunyikan apapun dari suami, tahu waktu harus berkata “tidak”, menyediakan waktu khusus secara pribadi untuk berdua dengan suami, dan membuat kesepakatan. Buat kesepakatan untuk menentukan batasan yang boleh di tolerir dan tidak. (halaman 156).
    Banyak lagi manejemen permasalahan rumah tangga yang dijelaskan dalam buku ini. Semua jawaban tentang permasalan rumah tangga disajikan secara lengkap, runut, dan jelas, sehingga akan sangat mudah di aplikasikan dalam kehidupan berumah tangga.
    Pola penulisan yang berupa tanya jawab, mengarah pada pola praktis, yakni segala pertanyaan sudah langsung ada jawabannya. Buku ini sangat memudahkan karena langsung mengjangkau inti persoalan. Selamat membaca.
   
Diresensi oleh: Muhammad Saleh*
*Alumnus STAI Barabai, Kalimantan Selatan.

SOLUSI MENGHADAPI PERMASALAH RUMAH TANGGA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Saleh Khana

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.