Thursday, October 29, 2015

Strategi Berjalan-jalan Ke Luar Negeri Secara Gratis









Judul Buku     : Yuk, Keliling Dunia Gratis Melalui Program Internasional
Penulis            : Ahmad Anhar
Penerbit          : Diva Press, Yogyakarta.
Tahun              : I, Mei 2015.
Tebal               : 220 halaman.
ISBN               : 978-602-255-889-7

            Pergi pelesiran keluar negeri adalah impian banyak orang. Namun, tidak semua bisa mewujudkannya karena keterbatasan biaya, terlebih dengan kondisi saat ini yang harga-harga serba naik dan mahal. Akan tetapi, ternyata ada cara agar  bisa pergi keluar negeri tanpa biaya alias gratis.
            Menurut Ahmad Anhar yang berdasarkan pengalamannya selama ini, ada banyak cara agar bisa pergi ke luar negeri secara gratis. Saat ini, banyak hal bisa dilakukan agar bisa bepergian keluar negeri tanpa harus mengeluarkan uang saku sepeserpun. Salah satunya adalah dengan mengikuti program internasional yang diselengarakan oleh LSM internasional maupun instansi pemerintah. Dan, Ahmad Anhar telah berhasil membuktikannya, bahwa ia bisa pergi keluar negeri tanpa biaya dari dirinya sendiri.
            Program internasional merupakan kumpulan kegiatan-kegiatan secara global, baik itu seminar, konferensi, simposium, summit, camp, pertukaran pelajar, beasiswa, ataupun festival, yang di ikuti oleh peserta dari berbagai negara untuk mendapatkan ilmu, wawasan, pengalaman, dan berunding mencari jalan keluar dari isu global yang menjadi topik kegiatan. Akan tetapi, tidak semua program bisa di ikuti. Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk dapat mengajukan diri sebagai peserta kegiatan. (halaman 46).
            Faktor yang paling penting untuk mengikuti kegiatan internasional adalah persiapan yang matang. Sebab, beragam program internasional memiliki syarat yang sangat ketat. Persiapan mental adalah hal pertama yang harus dilakukan seperti pasang niat yang baik, menguatkan mental dan percaya diri, serta manajemen waktu yang baik. Setelahnya persiapan fisik, yaitu segala hal yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan diri, salah satunya meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.
            Manfaat lain dari belajar bahasa inggris adalah memberikan peluang dunia kerja di luar negeri. Seseorang yang mempunyai keahlian di bidang Corporate Social Responsibility (CSR), tetapi tidak mahir berbahasa inggris akan kesulitan melamar pekerjaan di perusahaan raksasa dunia yang sedang membutuhkan staf CSR dengan kualifikasi cakap berbahasa inggris. Bagi akademis, kecakapan berbahasa inggris adalah syarat penting pengajuan beasiswa ke luar negeri. Karena beasiswa mencantumkan juga mempunyai persyaratan seperti TOEFL dengan nilai yang tinggi. Jadi bahasa inggris merupakan jembatan untuk membuka jendela dunia. (halaman 40).
            Selain itu, sebelum berangkat ke luar negeri hal yang harus dipenuhi adalah memiliki paspor dan visa. Dalam buku ini juga dibahas secara jelas dan detail lengkap dengan persyaratannya bagaimana cara mengurus dan membuat visa beserta paspor tanpa adanya kendala. Karena visa dan paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki setiap orang yang bepergian keluar negeri.
            Menjelajahi negeri asing tentu akan memberikan pengalaman, wawasan, ilmu pengetahuan, inspirasi, serta teman baru. Kita akan bisa membandingkan berbagai ragam budaya dan kekayaan alamnya dari berbagai negara yang kita lewati.
             Selain informatif dan edukatif, buku ini juga menyajikan kisah-kisah sukses orang-orang yang berhasil keluar negeri dengan mengikuti program internasional, sehingga sangat menginspirasi. Dengan mempelajari isi buku ini, impian pergi keluar negeri bukanlah hal yang mustahil untuk di wujudkan walaupun kita bukanlah orang yang mampu secara materi. Selain bisa menikmati indahnya negeri-negeri di luar sana, kita juga bisa mendapatkan ilmu dan wawasan baru yang bisa diterapkan untuk membangun Indonesia agar lebih baik lagi di masa depan. 

Dimuat di Koran Jakarta, 22 Agustus 2015

Strategi Berjalan-jalan Ke Luar Negeri Secara Gratis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Saleh Khana

1 komentar:

Powered by Blogger.